Tips Menghadapi Prakerin (Praktek Kerja Industri)

Assalamu'alaikum wr.wb.
Teman2 dan para pembaca lainnya, hari ini akang mau nerbagi tips buat kalian yang akan menghadapi PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) atau PKL (Praktek Kerja Industri) terutama siswa/i seperjuangan di SMK Negeri 1 Katapang, Berdasarkan pengalaman saya pribadi yang merasa kesulitan pada masa saya prakerin, di banding angkatan sebelumnya yang mendapatkan tempat kerja di satu perusahaan yang sama dan perusahaan yang bonafit,
kebayang ya.... Dapat tempat PKL yang besar plus banyak temennya, sedangkan pada saat generasi saya perusahaan itu sedang tidak menerima Prakerin untuk tahun itu, Akhirnya kitapun terpisah di banyak perusahaan, dengan batuan rekan2 guru sejurusan.
Nah langsung saja  ke tips2 menghadapi Prakerin:
1. Gesit dan aktif bertanya kepada guru, Pada zaman saya Prakerin, mungkin sudah tradisi salah satu Guru Program kita akan merekomendasikan nama-nama perusahan dan jumlah orang yang di terima di perusahaan tersebut. Tapi jangan senang dulu, karena kita tidak tahu apakah jumlah orang yang di butuhkan lebih sedikit dari jumlah siswa/i sejurusan.
2. Berusahalah untuk lebih cekatan dari biasanya, jika perlu tanyalah kakak kelas yang sudah melaksanakan Prakerin sebelumnya, mungkin dia bisa merekomendasikan tempat yang strategis yang cocok, terlebih jika rencana awal (no.1) tak tertuju.
3. Selain informasi di sekolah, cari pula informasi dari luar sekolah, contohnya di keluarga kita, entah itu om, paman yang kerja di perusahaan yang sesuai dengan jurusan kita sekarang yang bisa membantu kita mendapatkan pekerjaan (praktek) kita.
4. Dalam atau luar kota pun tak masalah, selama kita sanggup.
5. Komunikasi dengan guru pembimbing itu penting agar kita bisa mendapat wawasan atau kemudahan dalam proses ini.
6. Bagi yang mendapat kesempatan kerja di luar tempat2 selain yang guru program studi rekomendasikan, maka pilihlah pilihan yang di luar rekomdasi mereka agar memberi kesempatan bagi yang belum mendapatkan tempat.
Setidaknya itu informasi yang bisa saya bagi.
Memang masa prakerin kita harus pinter2 nyari dan ekstra gesit karena kita pasti ingin semuanya lancar. karena jika kita dingin-dingin saja dan hanya memfokuskan pada bantuan guru program studi maka kita tidak akan siap menhadapi kemungkinan2 lain yang mungkin terjadi.